Makalah Tugas Akhir Lingkungan Bisnis



ABSTRAK


                                                             MAJUKAN BISNISMU                                                              BERSAMA rec-SALES

Oleh :
                                                     Rofiatul Azizah (NIM . 17.96.0088)                                                       UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Pada makalah ini, akan dibahas mengenai lingkungan bisnis dan peluang bisnis. Hal-hal apa saja yang dapat memengaruhi perkembangan sebuah bisnis yang sedang dijalankan. Serta memanfaatkan peluang bisnis dengan sebaik mungkin. Seperti dengan menciptakan sebuah terobosan baru di bidang penjualan jasa. Yang melatar belakangi saya untuk mengangkat masalah ini adalah masih banyaknya pelaku usaha yang kesulitan dalam mencari seorang pekerja yang mempunyai kemampuan berdagang dan berbicara yang baik. Hal ini terjadi karena masih banyaknya calon pekerja yang belum memiliki pengalaman yang cukup dalam dunia pekerjaan. Maka dari itu, saya menciptakan terobosan baru berupa layanan penyewaan salesman yang tentunya memiliki kemampuan luar biasa yang dinamakan dengan rec-SALES.


rec-SALES (recruitment salesman) ini merupakan sebuah perusahaan yang berkutat di bidang penjualan jasa. rec-SALES nantinya akan memiliki kantor yang berada di pusat kota dari masing-masing provinsi. Tetapi untuk pemesanan jasa, rec-SALES juga menerima pesanan melalui aplikasi rec-SALES itu sendiri. Jadi, para customer nanti bisa menikmati  layanan ini hanya dengan mengoperasikan aplikasi online yang sudah disediakan oleh perusahaan. Hal ini tentunya dilakukan untuk memudahkan para pengguna jasa rec-SALES.

Kata kunci : rec-SALES, terobosan, jasa.
ISI

S
egala sesuatu yang memengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga atau perusahaan disebut lingkungan bisnis. Di dalam bisnis, ada beberapa hal yang dapat memengaruhi arah perkembangan suatu bisnis yang sedang dijalankan. Hal-hal tersebut adalah bahasa, pendidikan, ekologi, hukum, sosial budaya, dan teknologi. Serta, peluang bisnis secara umum adalah kesempatan bagi setiap orang untuk melakukan usaha yang bersifat komersial. Maka dari itu, semua orang memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pebisnis. Masyarakat harus bisa melihat peluang yang bisa dibilang sangat menjanjikan ini. Agar kemajuan yang ada tidak menjadi sesuatu yang sia-sia.


Di dalam bisnis, ada pepatah yang mengatakan bahwa ‘Berburu laba bermodal kata’ yang artinya, kalau kita bisa berbahasa atau berkomunikasi yang baik dan tepat, maka kita akan lebih mudah mendapatkan laba. Hal itu membuktikan bahwa kemampuan berbahasa atau berkomunikasi dapat memengaruhi perkembangan suatu bisnis. Terdapat beberapa syarat berbahasa atau berkomunikasi di dalam lingkungan bisnis, seperti harus menggunakan bahasa yang efektif, kreatif, dan sensitif.


Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Dengan pendidikan yang cukup, kegiatan berbisnis akan berjalan dengan lebih efisien dan maksimal. Karena si pelaku usaha tidak memulai bisnisnya hanya dengan tangan kosong. Dalam kata lain pelaku bisnis yang berpendidikan atau berpengalaman, pastinya memulai bisnis mereka dengan ilmu yang sudah mereka dapat. Maka dari itu, kemungkinan besar bisnis yang mereka jalankan akan berjalan sesuai harapan.

Ekologi adalah hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan alam sekitarnya. Pelaku bisnis yang memahami teori ekologi akan menjadi pengusaha yang cerdas dan diharapkan dapat memiliki rasa peduli terhadap lingkungan yang lebih besar dibandingkan dengan pengusaha yang tidak mengerti teori ini. Dengan memahami ilmu ekologi sebelum berbisnis tentunya akan menciptakan lingkungan yang sehat dan memunculkan kebiasaan-kebiasaan yang sehat pula dalam lingkup usahanya.


Hukum bisnis telah diciptakan untuk mengatur, mengawasi, dan melindungi kegiatan ekonomi. Maka, ruang lingkup hukum bisnis juga berkaitan dengan kegiatan-kegiatan tersebut. Hampir setiap sendi kegiatan bisnis di Indonesia sudah tersentuh oleh hukum bisnis. Keberadaan hukum bisnis saat ini, telah berhasil mengisi ruang kosong pada kegiatan bisnis. Dengan hukum yang telah ditetapkan, keamanan dan kenyamanan pelaku bisnis dan pelanggan juga akan terjaga. karena sudah ada sanksi yang di tetapkan untuk setiap pelanggaran yang dilakukan.


Sosial budaya juga berpengaruh dalam lingkungan bisnis. Dengan mempelajari perihal sosial budaya, para pelaku bisnis akan lebih mengenali keadaan lingkungan sosial maupun budaya yang ada di lingkungan tempat ia menjalankan bisnisnya. Dengan sosial budaya, para pelaku bisnis akan lebih mudah untuk mengenali target pasarnya, atau bahkan calon mitra bisnisnya. Dengan demikian, ia akan lebih tahu mengenai hal-hal dan tindakan apa yang harus dilakukan untuk menarik minat konsumen.


Perkembangan zaman diikuti pula oleh perkembangan teknologi. Saat ini, semakin banyak saja pengguna teknologi terbarukan. Hal itu tentu saja membuat peluang bisnis semakin melimpah. Dengan teknologi yang semakin maju, ada banyak sekali peluang bisnis yang bisa kita jadikan pilihan alternatif untuk mencari pundi-pundi rezeki. Bahkan sekarang, kegiatan berbisnis sudah bisa dilakukan hanya dengan menggunakan telepon genggam dan layanan internet. Contohnya rec-SALES, rec-SALES adalah bisnis penyewaan jasa khususnya dalam bidang penjualan yang memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya. Dengan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang, rec-SALES akan memberikan banyak kemudahan kepada setiap customer-nya.


rec-SALES merupakan terobosan baru yang sangat mengutamakan kualitas. Maka dari itu, setiap calon salesman yang akan dipekerjakan dalam bisnis ini harus mengikuti beberapa pelatihan yang tentunya bertujuan untuk meningkatkan kualitas masing-masing dari mereka. Pelatihan itu di antaranya, pelatihan kedisiplinan, pelatihan berbahasa atau berkomunikasi, pelatihan profesi, dan lain sebagainya. Hal itu akan menghasilkan salesman yang profesional. Setiap konsumen yang beminat menyewa salesman harus mendaftarkan dirinya sebagai member terlebih dahulu. Kemudian jika sewaktu-waktu mereka membutuhkan seorang sales, mereka langsung bisa memilih salesman rec-SALES yang sudah terdaftar.


Bisnis ini membutuhkan kontrak antara rec-SALES dan pekerja. Serta antara rec-SALES, pekerja, dan konsumen. Jumlah pendapatan yang akan di terima oleh salesman sudah ditetapkan oleh perusahaan rec-SALES itu sendiri. Jadi berapa besar biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen sudah jelas. Dan salesman diperbolehkan menerima bonus dari konsumen yang menyewa jasa mereka.
Namun, jika kualitas salesman tidak sesuai dengan permintaan konsumen, rec-SALES akan memberikan kesempatan konsumen untuk mengganti sales yang akan dipekerjakan. Jika konsumen melakukan tindakan yang merugikan salesman dan perusahaan rec-SALES, konsumen tersebut akan dikenakan sanksi dan harus menerima hukuman yang telah ditetapkan oleh perusahaan rec-SALES.


Jika salesman yang melakukan tindakan kurang terpuji ataupun tindakan lain yang merugikan konsumen, maka ia akan diberhentikan dari kontraknya tanpa mendapatkan pesangon dan tentunya ia akan kehilangan reputasinya sebagai pekerja yang profesional. Menurut rofiatul azizah, pembuat makalah ini, rec-SALES merupakan bisnis terobosan baru yang akan sangat diminati konsumen. Karena kualitas nya yang akan sangat terjamin.


Untuk menciptakan lapangan pekerjaan di zaman seperti ini merupakan hal yang sangat mudah. Karena peluang bisnis yang sangat terbuka lebar. Ditambah lagi semuanya sudah bisa dilakukan dengan mudah atas berkat bantuan teknologi yang terus berkembang. Akan tetapi, untuk menciptakan sebuah bisnis yang sehat dan sesuai dengan harapan, para pelaku usaha harus memperhatikan beberapa hal yang bisa memengaruhi perkembangan bisnis yang sedang dijalani.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Berapresiasi Seni Rupa K13

Pemanfaatan Produk dan Jasa Perbankan

Ragam Musik Tradisional Musi Banyuasin