Swasta atau Negeri?




Diambil dari catatan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2014/2015, mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi swasta berjumlah 3.938.308 mahasiswa, sedangkan di perguruan tinggi negeri terdapat 1.958.111 mahasiswa. Angka tersebut sangat relevan dengan jumlah perguruan tinggi swasta yang memang lebih banyak daripada perguruan tinggi negeri di Indonesia. 

Siapa yang sudah menjadi seorang MAHAsiswa sekarang? Bagaimana menurutmu tentang dunia perkuliahan di kampusmu? Di universitas negeri ataupun swasta pasti terdapat perbedaan-perbedaan yang menjadi ciri khas masing-masing. Walaupun stereotipe yang tumbuh di masyarakat adalah lebih bagus negeri daripada swasta. Namun, ketika terjun ke lingkungan perkuliahan itu sendiri, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. 

Kampus swasta lebih mandiri, dengan sistem pembelajaran yang dirancang sendiri, kampus akan lebih bisa menemukan formula mengajar yang tepat untuk mahasiswanya. Berbeda dengan negeri, yang sudah diberikan acuan oleh pemerintah. Lalu, dana yang dipegang kampus swasta lebih banyak daripada negeri. Sehingga, fasilitas yang disediakan untuk mahasiswanya bisa lebih memadai. Tetapi untuk kampus negeri yang benar-benar sudah mempunyai nama, pemerintah akan lebih memperhatikan mereka. 

Banyak orang tua yang men-judge bahwa kuliah di universitas swasta adalah suatu kesalahan. Tetapi menurut apa yang terjadi di masyarakat, memilih perguruan tinggi harus sesuai minat dan bakat calon mahasiswa sendiri. Terdapat perguruan tinggi yang berfokus pada praktik, ada pula yang berfokus pada teori. Ada yang merujuk pada teknologi, ada pula yang merujuk kepada politik. Memilih kampus sama seperti memilih jodoh. Harus pas dengan passion dan kesenangan. Bukan hanya memikirkan predikat dan akreditasi kampus yang akan dijadikan media pembelajaran saja. 

Kuliah di kampus negeri atau pun swasta itu sama saja. Karena sejatinya universitas merupakan tempat untuk melatih diri, untuk belajar bagaimana kita akan menjadi pribadi yang lebih dewasa, berpemikiran luas, dan tidak mudah tumbang hanya dengan satu ujian. Kampus bukan hanya tempat untuk mencari gelar semata. Tetapi lebih dari itu. Dirimu akan dilatih sesuai dengan lingkungan yang ada di kampusmu. 

Jangan berkecil hati jika kamu belum bisa berada di kampus negeri sesuai dengan permintaan orang tuamu. Sebaliknya, kesempatan akan datang kapan saja, dan kamu masih punya banyak waktu untuk memperbaiki mindset orang tuamu tentang apa yang kamu jalani sekarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Berapresiasi Seni Rupa K13

Pemanfaatan Produk dan Jasa Perbankan

Ragam Musik Tradisional Musi Banyuasin