WARNA-WARNI JUDUL CLICKBAIT

Semakin kesini jurnalisme online Indonesia semakin laris dipasaran. Berbagai berita bisa kita terima dengan sangat mudah. Tetapi hal ini juga berdampak pada kualitas dan akurasi dari berita yang kita baca. Ditambah lagi, membuat badan pers online jauh lebih mudah. Karena hal tersebut, kini mulai bermunculan media baru yang mempunyai tujuan awal untuk menjadikan badan pers mereka lebih dikenal oleh masyarakat. 

Ada banyak sekali cara yang dapat mereka lakukan untuk menarik minat pembaca. Salah satunya adalah dengan membuat berita dengan judul clickbait yang pastinya bisa menarik perhatian pembaca untuk melakukan klik pada berita tersebut. Cara ini terbilang mudah dan efektif untuk dilakukan. Mengingat masyarakat Indonesia yang terlalu mudah terpancing dengan hal-hal semacam ini. Dengan cara tersebut, media bisa mendapatkan jumlah klik yang relatif banyak dengan waktu yang singkat.

Permainan kata ini bukan sesuatu yang salah, mengingat penulis atau jurnalis tidak menyebarkan berita hoax. Mereka hanya mengganti kata-kata yang biasa digunakan dengan yang lebih sensasional untuk menciptakan kalimat yang dapat mempengaruhi calon pembaca. Tetapi bagi masyarakat awam, tindakan ini sering kali dinilai salah. Karena kebanyakan mereka merasa tertipu dengan judul yang sesasional tersebut. Dengan judul tersebut mereka akan mengharapkan isi yang sama mencengangkannya. Tetapi kebanyakan berita clickbait mempunyai isi yang biasa saja, yang menurut pembaca tidak layak untuk disebut berita.

Sudah sangat banyak masyarakat yang bisa langsung mengenali dan menggolongkan judul berita ke dalam kategori clickbait atau tidak. Tetapi anehnya, ketika kita membaca judul berita dan menyadari bahwa judul tersebut tergolong ke dalam judul berita clickbait, ketertarikan kita untuk membaca isi di dalamnya akan tetap muncul. 

Menurut opini saya, judul clickbait tidak sepenuhnya salah. Hanya dapat membuang waktu pembaca yang sebenarnya bisa digunakan untuk membaca berita yang lebih berbobot. Tetapi bukannya hal tersebut juga tergantung pembaca. Pada akhirnya melakukan klik atau tidak, pilihan itu kembali kepada pembaca. Juga pastinya clickbait dapat menguntungkan media bersangkutan. Karena cara ini tergolong mudah dan murah. Tetapi harus diingat, bahwa akan ada efek jangka panjang dari penggunaan strategi seperti ini. Misalnya berkurangnya kepercayaan pembaca yang akhirnya akan menyebabkan semakin menurunnya enggagement media tersebut. 

-well, semuanya baik ketika tidak berlebihan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Berapresiasi Seni Rupa K13

Pemanfaatan Produk dan Jasa Perbankan

Ragam Musik Tradisional Musi Banyuasin